CILEGON – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Cilegon bersama Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Peduli Pembangunan  Untuk  Rakyat (LSM Gappura) Banten, Sabtu (18/04) menggelar aksi peduli lingkungan. Aksi yang digelar di kawasan Situ Rawa Atum Kota Cilegon ini merupakan momentum peringatan Hari Lahir (Harlah) PMII.

Mahasiswa PMII Kota Cilegon pada gelar bhakti sosial peduli lingkungan ini dilepas langsung oleh Ketua LSM Gappura Banten Husen Saidan sekitar pukul 09.00 WIB. Yang kemudian mereka secara bersama-sama membersihkan sampah-sampah baik di air maupun di pinggiran situ.

Ketua PMII Kota Cilegon, Ismattullah, menyebtukan dalam rangkaHarlah PMII yang ke-55 ini pihaknya juga melakukan sejumlah acara peringatan.

“Semalam kita juga melakukan syukuran dalam rangka Harlah PMII, dan pagi ini dilanjutkan dengan  bhakti sosial membersihkan Situ Rawa Arum," ungkapnya kepada seputarbanten.com di sela-sela bhakti sosial tersebut.

Kegiatan bahkti sosial ini menurut Ismat sebagai bentuk pengejawantahan kepedulian PMII terhadap lingkungan yang bersih dan asri di Kota Cielgon.

"Dan ini merupakan bentuk nyata PMII Kota Cilegon dalam membangun lingkungan bersih dan asri di Kota Cilegon. Situ Rawa Arum saat ini mulai diminati pengunjung, maka kami berusaha turut membantu memperindah situ, agar wisatawan yang datang bisa nyaman," ujar Ismat

Lebih jauh terkait keberadaan Situ Rawa Arum yang disulap oleh LSM Gappura Banten menjadi tempat yang bermanfaat bagi masyarakat di Kota Cilegon, Ismat merasa kagum dan meminta pihak pemerintah juga turut mendukung program pelestarian danau yang berada di Tegalwangi Kecamatan Grogol Kota Cilegon ini.

"Kami meminta pemerintah harus bisa membuktikan program yang katanya akan menjadikan Situ Rawa Arum menjadi tempat wisata di Kota Cilegon. Miris rasanya jika pemerintah berdiam dan tidak mau membantu LSM Gappura yang begitu peduli akan Situ Arum ini. Sudah saatnya baik pemerintah daerah maupun pusat membantu LSM Gappura melestarikan situ yanmg merupakan aset bangsa ini,” tandas Ismat.

Sementara Ketua Gappura Banten, Husen Saidan, memberikan aspresiasi kepada PMII Kota Cilegon yang turut peduli terhadap keberadaan Situ Rawa Arum.

"Saya memberikan apresiasi kepada PMII Kota Cilegon yang peduli terhadap Situ Rawa Arum dan meminta kegiatan ini diikuti oleh organisasi kepemudaan lainnya," kata Husen yang juga berada di lokasi bhakti sosial.

Husen juga meminta kepada masyarakat lingkungan Tegal Wangi agar tidak membuang sampah di area Situ Rawa Arum yang saat ini sedang digalakkan pelestariannya.

"Saya akan menghimbau dan menegur kepada masyarakat yang membuang sampah di Situ Rawa Arum dan juga akan mengingatkan RT di lingkungan tersebut agar warganya tidak membuang sampah di area situ. Karen Situ Rawa Arum merupakan aset bangsa yang harus sama-sama kita lindungi kelestarian dan keberadaannya," tegasnya.

Disinggung soal minimnya perhatian pemerintah, Husen berharap ada kepedulian yang lebih mendalam terhadap kelestarian Situ Rawa Arum.

"Kami berharap pemerintah bisa mengawasi dan bekerjasama dalam melestarikan Stu Rawa Arum yang saat ini mulai ramai dikunjungi wisatawan," tandasnya.



REPORTER           : DEDE IRAWAN

Posting Komentar

 
Top