CILEGON – Situ Rawa Arum yang disulap menjadi danau wisata dan pemancingan terus menyedot minat masyarakat untuk berkunjung. Bahkan hari ini, Minggu (19/04), wisatawan datang dari luar Banten yakni Pulau Sumatera mengaku penasaran ingin mengunjungi situ yang berada di Tegalwangi Kota Cilegon itu.

Rombongan keluarga asal Palembang dan keluarga besar Rejanglebong Bengkulu ini mengaku senang ketika berada di Situ Rawa Arum. Sambil bercengkrama mereka menikmati pemandangan danau yang begitu apik dan bersih.
“Dalam rangka refreshing dan begitu elok pemandangan di sini. Selain itu sejuk lagi,” ujar Mutiawati, pengunjung asal Rejanglebong Bengkulu kepada seputarbanten.com di sela-sela rekreasi Situ Rawa Arum

Dikatakan Mutiawati, dirinya sedikit kaget melihat keberadaan Kota Cilegon yang begitu kumuh. Dan masyarakat yang terjebak polusi akibat industri pabrik di Kota Cilegon bisa terobati dengan adanya Situ Rawa Arum.
Ibu kebetulan sudah lama tinggal di kota cilegon dan sangat mengenal husen saidan sebagai ketua LSM Gappura Banten, dia seorang yg gigih, berjuang dalam bentuk sosial dan sangat baik dan kadang kalau ibu sering kesini dikasih ikan. Sayangnya pejuangan dia yang cemerlang dan sangat bagus ini kurang dapat perhatian dari pemerintah Terbukti tempat ini masih dikerjakan dengan swadaya. Ibu mengetahui hal ini dari beberapa pekerja yang bersihkan sampah rumput di situ rawa arum. Bahwa yg membayar mereka itu dari  LSM Gappura. Harapan saya terhadap Pemerintah Cilegon ya dibagusinlah Kota Cilegon. Kota Cilegon nih ibu liat antara kota di Sumatera dengan Cilegon, kayaknya maaf aja ya, kota yang paling kotor sampah dimana-mana enggak di jalan-jalan, apa lagi di pasarnya. Tolong kebersihannya deh dijaga. Kalau di Palembang, dan Bengkulu sepanjang jalan raya bersih, kalau di Cilegon? Pagi-pagi sampah sudah menumpuk,” ungkap Mutiawati dengan nada kritik.

Penasaran terhadap keberadaan danau wisata Situ Rawa Arum tidak hanya diutarakan keluarga Mutiawati saja. Pengunjung asal Kabupaten Pandeglang, Dwinova, yang bersama lima orang rekannya mengaku senang bisa berkunjung ke Situ Rawa Arum.
“Kita dari Pandeglang dalam rangka liburan sengaja hari ini berkunjung ke Situ Rawa Arum. Situ Rawa Arum bagus sih, dan pemandangannya indah apa lagi kalo pagi hari kayaknya asyik cuacanya,” puji Dwinova kala berada di Situ Rawa Arum.

Seperti diketahui Situ Rawa Arum beberapa tahun terakhir ini boleh terbilang bisa terawat dan indah untuk dikunjungi. Adalah Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Peduli Pembangunan untuk Rakyat (LSM Gappura) Banten yang dengan gigih menyelamatkan situ peninggalan jaman kuno ini dari ancaman pengrusakan lingkungan. Berkat tekad yang tanpa pamrih para aktivis LSM tersebut menyulap kembali situ menjadi sebuah danau wisata dan pemancingan warga. Dan kini Situ Rawa Arum semakin banyak dikunjungi para wisatawan lokal baik dari Kota Cilegon maupun dari luar Kota Cilegon. ***’


REPORTER      : DEDE IRAWAN

Posting Komentar

 
Top