CILEGON – Tidak sia-sia upaya dan kerja keras Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Peduli Pembangunan Rakyat (LSM GAPPURA) Banten merawat Situ Rawa Arum Kota Cilegon. Bahkan situ yang sudah lama tidak terawat ini ketika disulap menjadi sebuah danau wisata dan pemancingan warga akhirnya mendapat kunjungan pihak Pemerintah RI, Selasa (14/04) siang.

Adalah pihak Kementerian PU (Pekerjaan Umum) RI yang berkunjung ke Situ Rawa Arum ini. Dan tujuan kedatangan Kementerian PU melalui petugas Pusat Litbang Sumber Daya Air tersebut dalam rangka pendataan terhadap keberadaan Situ Rawa Arum.

"Kedatangan kami ke sini mewakili Kementrian PU, ingin mencari informasi-informasi terkait status keberadaan Situ Rawa Arum," ungkap petugas Kementerian PU RI, Nurlia kepada seputarbanten.com di sela-sela kunjungan ke lokasi Situ Rawa Arum.

Sementara itu Ketua LSM Gappura Banten, Husen Saidan, yang mengaku pihaknya sangat senang terhadap kunjungan dari pihak pemerintah pusat tersebut.

“Karena selama kita merawat dan melestarikan Situ Rawa Arum baru kali ini mendapat kunjungan dari pihak pemerintah pusat. Saya sangat terharu tanpa diundang dan konfirmasi pihak Kementerian PU RI melalui Pusat Litbang Sumber Daya Air bisa berkunjung ke sini,” ujar Husen saat mendampingi petugas Kementerian PU RI.

Ditambahkan Husen, pihaknya siap membantu Kementrian PU RI dalam menggali informasi dan mendata Situ Rawa Arum.

“Kami pun akan mendukung apabila ada rencana pemerintah pusat mengambil alih status kepemilikan Situ Rawa Arum ini,” kata Husen.

Seperti diketahui sudah puluhan tahun lalu Situ Rawa Arum dibiarkan terlantar dan tak terawat. Namun beberapa tahun terakhir berkat kepedulian LSM Gappura Banten danau yang berada di lingkungan Tegal Wangi Kota Cilegon ini mulai dibenahi. Dan relawan LSM Gappura bersama Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) cabang Kota Cilegon menyulap Situ Rawa Arum menjadi tempat wisata dan pemancingan warga.


Reportase : Indra
posted from Bloggeroid

Posting Komentar

 
Top